Senin, 27 Januari 2014

Filosofi hati



           Hati. Apa sih hati itu?. Yang gue tahu hati itu berbentuk seperti lambing cinta yang terdapat dalam organ tubuh manusia. Fungsi dari hati itu adalah memompa darah sehingga darah dapat mengalir keseluruh tubuh manusia. Jadi dapat disimpulkan kalau peran hati dalam tubuh manusia itu vital dan penting. Tanpa hati darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh manusia dan manusia itu akan mati perlahan-lahan karena kekurangan darah. Itu pengertian jantung apa hati ya? Ahh,, bodo amat. Hahaha,,. Itu untuk soal hati dalam dunia medis. Untuk dunia sehari-hari atau percintaan arti penting hati berbeda.
            Hati manusia tidak dapat ditebak atau disimpulkan. Karena apa yang keluar dari mulut belum tentu sama yang ada di dalam hati. Hati tidak mempunyai lidah seperti halnya mulut, dia diam namun berbicara, dia tak terlihat namun merasa, dia tak mendengar namun mengerti, dan dia tahu kapan waktunya untuk mengekspresikan apa yang dia rasa. Kapan waktu yang tepat untuk berbicara, merasa, dan mengerti apa itu arti kehidupan, cinta, dan anugerah.
            Kemana dia meletakkan perasaannya ke hati lain dan kemana dia menaruh hatinya di tempat yang bemakna semua itu rahasia. Dan hanya Tuhan dan hati itu yang tahu. Seperti saat kita bertindak atau melakukan hal yang tidak menggunakan hati pasti perasaan kita tidak enak atau canggung atau bahkan terbayang-bayang atas apa yang kita lakukan tadi. Sama halnya ketika dua hati bersatu namun salah satu tidak cocok pasti ada perasaan yang mengganjal dalam hati. Hati yang paling merasa saat itu, hatilah yang memilih dan memberi pendapat dengan siapa kita harus bersama. Hatilah yang menuntun dan mengajari kita akan arti cinta sesungguhnya. Hatilah yang menolak dan menghujat jika kita tidak ditakdirkan bersama dengan hati lain.
            Menjaga hati orang lain lebih bermakna daripada harus menjaga hati sendiri tapi hati orang lain terluka. Karena luka yang menggores hati seperti menancapkan paku di balok kayu, masih bisa dicabut tapi menimbulkan bekas lubang yang tidak bisa hilang. So, belajar menghargai perasaan dan hati orang lain. Karena kebahagiaan orang-orang di sekitarmu lebih penting daripada membahagiakan diri sendiri. Karena menurut gue arti kebahagiaan adalah dimana orang-orang disekitarku bisa bahagia walau harus mangorbankan kebahagiaan gue sendiri.
“jaga perasaan dan jaga hati orang-orang disekitarmu, jangan membuatnya terluka. Pakailah hati untuk hal-hal yang kau kerjakan apapun itu yang bermanfaat, kelak kau akan menemukan arti kebahagiaan yang sesungguhnya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar